Cara Promosi Berbayar Di Facebook – Afika adalah penulis konten media sosial dengan pengalaman 4 tahun. Bergairah menulis konten informatif dan terlibat dalam media sosial. Ikuti dia di LinkedIn
Home » Blog » Media Sosial » 12 Cara Membuat Iklan Facebook untuk Sukses Bisnis dengan Teknik Pemasaran yang Efektif
Cara Promosi Berbayar Di Facebook
Menggunakan iklan Facebook atau Facebook Ads sebagai alat pemasaran telah menjadi strategi penting yang diterapkan banyak bisnis dalam beberapa tahun terakhir. Jadi, penting bagi Anda untuk mengetahui cara beriklan di Facebook
6 Tips Sukses Melakukan Facebook Ads
Jika tidak, hal ini mungkin menjadi bumerang bagi rencana pemasaran Anda atau Anda mungkin kalah dalam bersaing dengan bisnis lain di platform yang sama. Namun, membuat iklan di Facebook tidaklah mudah. Hal ini memerlukan perencanaan yang matang dan pemahaman teknis.
Pada Januari 2023, Facebook masih menjadi raksasa media sosial dengan lebih dari 3,06 miliar pengguna aktif di seluruh dunia. Inilah sebabnya, 89% pemasar menjalankan iklan Facebook sebagai metode pemasaran utama mereka.
Jadi, sebelum membahas cara membuat iklan Facebook, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa itu iklan Facebook dan apa fungsinya.
Seperti namanya, Facebook Ads atau Iklan Facebook adalah postingan berbayar melalui akun Facebook suatu bisnis untuk menampilkan produk atau layanannya kepada pengguna Facebook lainnya.
Cara Promosi Postingan Di Facebook Profil Hanya 16.000 Jangkauan Semakin Luas Terbaru 2023
Pada awalnya, banyak dari iklan ini terlihat seperti postingan biasa. Bedanya, Anda bisa melihat label “Sponsored” sebagai tanda bahwa postingan tersebut adalah iklan.
Ingin meningkatkan keterlibatan dan visibilitas merek Anda di media sosial? Serahkan pembuatan konten kreatif dan strategi media sosial kepada kami. Pesan sekarang dan lihat hasilnya! Klik di sini untuk konsultasi gratis.
Selain itu, iklan Facebook sering kali menyertakan lebih banyak konten daripada postingan biasa. Contohnya termasuk tombol CTA, tautan tersemat, dan katalog produk.
Seperti disebutkan pada gambar di atas, iklan Facebook memiliki 3 bagian utama. Selain mengandung beberapa elemen tersebut, iklan Facebook dapat dibuat dengan berbagai cara seperti gambar, video, atau carousel.
5 Facebook Ads
Selain itu, seperti Instagram, iklan Facebook dapat muncul di semua aplikasi, termasuk feed pengguna, story, messenger, pasar, dan lainnya.
Faktanya, Facebook Ads tidak ada yang gratis karena merupakan fitur berbayar yang dihitung berdasarkan tayangan dan 2 metrik berbeda, yaitu CPC (Cost Per Click) dan CPM (Cost Per Mile).
Dengan sedikit keterampilan dan kesabaran, Anda bisa mencobanya. Anda dapat mengikuti tips berikut ini:
Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat halaman bisnis. Halaman bisnis ini mirip dengan profil pribadi, tetapi pengguna dapat berinteraksi dengan menyukai atau mengikuti halaman tersebut, bukan dengan permintaan pertemanan.
Facebook Ads Manager Adalah
Perbedaan lainnya adalah semua konten halaman bisnis bersifat publik, sehingga siapa pun yang melihat halaman bisnis Anda dapat melihat konten yang dibagikan. Anda dapat meningkatkan halaman bisnis ini dengan menambahkan:
Facebook menawarkan toko (marketplace) yang memungkinkan pemegang akun menampilkan katalog produk kepada pengguna lain dalam aplikasi yang sama.
Setelah halaman bisnis dan pasar Facebook Anda aktif, bagikan konten bermanfaat dengan pengikut Anda. Bisa berupa panduan cara penggunaan produk atau testimoni dari pelanggan sebelumnya yang pernah menggunakan produk tersebut.
Saat memposting, pastikan untuk memperhatikan waktunya. Penelitian menunjukkan bahwa waktu terbaik untuk memposting di Facebook adalah Jumat pagi.
Tips Facebook Marketing Untuk Umkm
Namun, ada baiknya untuk memeriksa rutinitas harian audiens Anda sebelum memposting. Untuk menganalisis waktu terbaik memposting, gunakan bagian khusus Facebook Business yang berisi data tentang karakteristik pengikut Anda.
Untuk mengoptimalkan strategi pemasaran Facebook Marketplace Anda, cobalah menulis deskripsi produk dengan kata kunci yang spesifik, harga produk bersaing, dan menggunakan gambar berkualitas tinggi.
Kemudian, Anda dapat menggunakan berbagai grup Facebook sebagai tempat beriklan secara gratis. Namun sebelum memasang iklan, ingatlah selalu untuk mengikuti aturan grup yang Anda ikuti.
Meta adalah perusahaan hosting yang bertanggung jawab atas Facebook dan Instagram. Terkadang, Meta menawarkan kredit pemasaran gratis ke akun bisnis kecil. Artinya Anda bisa menggunakan fitur Facebook Ads tanpa membayar.
Penerapan Strategi Marketing Melalui Iklan Berbayar Pada Marketplace Untuk Meningkatkan Penjualan Di Kareema_official
Meskipun Anda tidak dapat meminta kredit iklan langsung dari Facebook, Anda dapat memintanya melalui Program Afiliasi Meta
Salah satu alasan mengapa iklan Facebook masih menjadi pilihan utama banyak pebisnis meski membayar sejumlah uang adalah manfaat yang ditawarkan fitur ini.
Menurut data, rata-rata pengguna Facebook mengklik sekitar 11 iklan per bulan. Oleh karena itu, pengeluaran untuk iklan Facebook diperkirakan akan meningkat dan diperkirakan mencapai 187,35 miliar dolar pada tahun 2025.
Selain itu, cara beriklan di Facebook Ads Manager berbayar jauh lebih mudah dan lebih cepat hasilnya dibandingkan melakukan iklan dengan postingan organik. Untuk membuatnya, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:
Pelajaran Insight Meta Business Suite
Iklan Facebook tidak dapat dijalankan melalui profil pribadi. Jadi, untuk menggunakan Facebook Ads Manager, Anda harus memiliki Halaman Bisnis Facebook (Facebook Page).
Demikian pula jika Anda ingin mengelola iklan orang lain, Anda tetap memerlukan akses sebagai administrator, editor, atau pengiklan untuk mengelola kampanye iklan di akun atau halaman bisnis yang relevan.
Untuk membuatnya, masuk ke halaman “https://www.facebook.com/pages/create”, lalu isi informasi tentang bisnis Anda, seperti nama, kategori dan deskripsi singkat agar lebih meyakinkan dipandang mata. . audiens Anda.
Jika perlu, masukkan detail lokasi/alamat termasuk jam operasional. Setelah mengisi semua informasi, klik “Buat Halaman” atau “Buat Halaman”.
Cara Pasang Iklan Di Instagram, Efektif Dan Enggak Pakai Ribet
Selanjutnya, Anda perlu membuat akun Pengelola Iklan Facebook yang ditautkan ke halaman Facebook yang dibuat sebelumnya. Untuk melakukannya, kunjungi halaman Pengelola Iklan Facebook atau klik URL https://www.facebook.com/business/tools/ads-manager.
Kemudian, klik nama akun Anda. Selanjutnya akan muncul Dashboard Manajer Penjualan. Untuk mulai membuat iklan, Anda perlu mengisi beberapa informasi.
Caranya, klik “Buka Sinopsis Akun” atau “Buka Ringkasan Akun”, lalu klik “Tambah Metode Pembayaran” atau “Tambah Metode Pembayaran”. Terakhir, masukkan informasi jumlah dan lokasi untuk membayar tagihan iklan Facebook dari Meta.
Manajer Iklan adalah kontrol pusat untuk semua iklan Facebook Anda. Setelah melengkapi informasi dan berhasil masuk ke Manajer Pemasaran, Anda akan melihat dasbor kinerja yang mencantumkan semua kampanye, set iklan, dan pembuatan iklan.
Langkah 8: Kiat Promosi Melalui Facebook
Di sini, Anda dapat melihat hasil yang dicapai pada halaman bisnis tersebut. Untuk membuat kampanye, set iklan, atau iklan baru, klik tombol hijau “Buat” di sebelah kiri jenis iklan yang ingin Anda buat.
Selanjutnya, Anda dapat menargetkan iklan atau target sesuai dengan kebutuhan atau tujuan Anda. Pastikan Anda memilih opsi yang tepat untuk memudahkan Facebook mengidentifikasi dan menyalurkan iklan ke audiens target Anda
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, iklan Facebook memiliki 3 bagian utama yaitu kampanye, set iklan, dan iklan. Rencana harus ditentukan untuk setiap bagian.
Pertama, Anda dapat menetapkan anggaran iklan di tingkat kampanye. Untuk melakukannya, gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi “Anggaran Kampanye” atau “Anggaran Kampanye Keuntungan”.
Optimasi Iklan Di Facebook
Opsi ini dapat dinonaktifkan jika Anda ingin menetapkan anggaran berdasarkan target audiens pada tingkat set iklan (ad set). Di sisi lain, lakukan fitur ini jika Anda ingin mengelola anggaran iklan di tingkat kampanye
Setelah memilih jenis anggaran, pilih strategi penawaran yang ingin Anda gunakan dari opsi berikut:
Facebook akan membutuhkan banyak hasil berdasarkan anggaran yang ditentukan. Hasilnya bisa berupa traffic (jumlah kunjungan), jumlah konversi (penjualan), dan juga dalam hal tujuan.
Jika ini adalah iklan pertama Anda, disarankan untuk memilih volume yang tinggi terlebih dahulu agar algoritma Facebook dapat mengenali iklan dan audiens dengan leluasa dan mendapatkan hasil yang lebih banyak.
Cara Membuat Iklan Di Facebook Lewat Hp Android Dan Optimasinya
Setelah menetapkan anggaran di tingkat kampanye, klik “Berikutnya” atau “Berikutnya” untuk menuju ke tingkat pengaturan iklan. Di sini, Anda dapat mengatur siapa dan di mana iklan akan ditampilkan dengan cara berikut:
Misalnya, jika Anda ingin menargetkan orang-orang yang mengikuti mode, ketikkan mode di bagian “Penargetan Lanjutan”. Selain itu, Anda juga dapat memilih audiens khusus dengan fitur Facebook Audience Insights.
Pada langkah selanjutnya, gulir ke bawah ke bagian “Penempatan” untuk mengatur di mana iklan akan muncul. Tersedia dua pilihan penempatan, yaitu:
Jika memilih opsi penempatan manual, Anda bisa mengatur penempatan iklan di platform yang lebih spesifik, misalnya hanya di Facebook Stories, hanya di feed Instagram, dan lainnya.
Membuat Facebook Dan Instagram Ads Untuk Pemula
Setelah menetapkan anggaran di tingkat kampanye dan menentukan set iklan di tingkat iklan, Anda dapat menyiapkan dan mengunggah iklan di tingkat iklan.
Ukuran yang disarankan adalah 1080 x 1080 piksel untuk aset iklan yang ditempatkan di feed, dan 1080 x 1920 piksel untuk aset iklan yang ditempatkan di Stories.
Pertama, pilih ID akun yang akan muncul bersama iklan. Misalnya, Anda dapat memilih halaman Facebook yang sudah jadi atau akun Instagram bisnis.
Di bagian “Pengaturan Iklan” atau “Pengaturan Iklan”, Anda dapat memasukkan aset iklan baru atau menggunakan postingan yang sudah diinstal sebelumnya.
Mengoptimalkan Facebook Dan Instagram Untuk Pertumbuhan Bisnis Umkm
Pilih opsi “Buat Iklan” untuk mengunggah aset iklan baru, atau klik “Gunakan Postingan yang Ada” untuk menggunakan postingan organik.
Jika Anda ingin mengunggah aset iklan baru, sebaiknya pilih opsi “Unggah Manual”. Kemudian pilih format iklan yang Anda inginkan yaitu:
Klik tombol “Tambahkan Media” atau “Tambahkan Media” untuk mengunggah aset, lalu pilih media untuk iklan dan tekan tombol unggah. Pangkas atau pangkas media jika perlu, lalu klik tombol “Selesai” atau “Selesai”.
Anda dapat mengubah ukuran setiap penempatan iklan di menu “Media”. Misalnya untuk Facebook Stories, Anda bisa mengatur ukurannya menjadi 1080 x 1920 piksel.
2 Cara Membuat Iklan Bersponsor Di Facebook Gratis
Jika Anda memilih sasaran tertentu, seperti penjualan atau lalu lintas, pada tahap awal pembuatan iklan, Anda harus memasukkan URL situs web yang akan diarahkan oleh pengguna Facebook ketika mereka mengklik iklan tersebut.
Untuk memastikan iklan yang dibuat sudah sesuai, Facebook akan melakukan peninjauan terlebih dahulu. Terakhir, klik “Terbitkan” atau “Terbitkan” untuk mulai menampilkan iklan sesuai pengaturan yang ditentukan.
Setelah iklan selesai, iklan melewati proses peninjauan dan mulai berfungsi
Cara promosi di facebook berbayar, promosi halaman facebook berbayar, cara promosi berbayar di fb, cara promosi berbayar di ig, cara promosi berbayar di shopee, cara promosi di instagram berbayar, cara promosi berbayar di youtube, cara promosi berbayar di marketplace facebook, cara promosi berbayar di lazada, cara promosi halaman facebook berbayar, cara promosi berbayar di tiktok, promosi berbayar facebook