Cara Membuat Konten Bersponsor Di Fb – Afika adalah penulis konten media sosial dengan pengalaman 4 tahun. Dia memiliki hasrat untuk menulis konten yang informatif dan menarik di media sosial. Ikuti dia di LinkedIn
Beranda » Blog » Media Sosial » 12 Cara Membuat Iklan Facebook Sukseskan bisnis Anda dengan strategi periklanan yang efektif
Cara Membuat Konten Bersponsor Di Fb
Menggunakan iklan Facebook atau Facebook Ads sebagai alat pemasaran telah menjadi strategi penting yang umum diterapkan oleh banyak bisnis dalam beberapa tahun terakhir. Jadi penting bagi Anda untuk mengetahui cara membuat iklan Facebook.
8 Tips Membuat Konten Endorse Yang Menarik Perhatian
Jika tidak, strategi pemasaran Anda mungkin tertinggal dari pedagang lain yang hadir di platform yang sama atau kehilangan daya saing. Namun menjalankan iklan di Facebook tidaklah mudah. Hal ini memerlukan strategi yang matang dan pemahaman elemen teknis.
Hingga Januari 2023, Facebook masih menjadi raksasa media sosial dengan total 3,06 miliar pengguna aktif di seluruh dunia. Itu sebabnya 89% bisnis menggunakan iklan Facebook sebagai metode pemasaran utama mereka.
Nah, sebelum membahas cara membuat Facebook Ads, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu Facebook Ads dan komponen-komponennya.
Seperti namanya, Facebook Ads atau Iklan Facebook adalah postingan berbayar yang dilakukan oleh akun bisnis Facebook untuk memamerkan produk atau layanannya kepada pengguna Facebook lainnya.
Bagaimana Anda Dapat Menerima Pembayaran Di Halaman Bisnis Facebook
Sekilas, banyak dari iklan tersebut terlihat seperti postingan biasa. Bedanya, Anda bisa melihat label “sponsored” sebagai tanda bahwa postingan tersebut adalah iklan.
Apakah Anda ingin meningkatkan keterlibatan dan visibilitas merek Anda di media sosial? Percayakan kepada kami konten kreatif dan strategi media sosial. Pesan sekarang dan lihat hasilnya! Klik di sini untuk konsultasi gratis.
Selain itu, iklan Facebook biasanya menyertakan lebih banyak fitur daripada postingan biasa. Contohnya termasuk tombol CTA, tautan unggulan, dan katalog produk.
Seperti terlihat pada gambar di atas, iklan Facebook memiliki 3 komponen utama. Selain mengandung beberapa elemen tersebut, iklan Facebook dapat dibuat dalam berbagai format seperti gambar, video, atau carousel.
Cara Membuat Iklan Video Facebook Yang Sukses Untuk Hasil Terbaik
Selain itu, seperti Instagram, iklan Facebook dapat muncul di semua aplikasi, termasuk feed pengguna, Stories, messenger, pasar, dan banyak lagi.
Faktanya, Facebook Ads tidak ada yang gratis karena merupakan fitur berbayar yang dihitung berdasarkan tayangan dengan 2 pilihan metrik berbeda yaitu CPC (Cost Per Click) dan CPM (Cost Per Mile).
Dengan sedikit kreativitas dan kesabaran, memang bisa dicoba. Anda dapat mengikuti tips berikut ini:
Langkah pertama adalah membuat halaman bisnis. Halaman bisnis ini mirip dengan profil pribadi, tetapi pengguna dapat berinteraksi dengan menyukai atau mengikuti halaman tersebut alih-alih meminta teman.
Cara Meningkatkan Jam Tayang Postingan Vidio/reels Di Fb Pro #fb #teacher
Perbedaan lainnya adalah semua konten halaman bisnis bersifat publik, sehingga siapa pun yang mengunjungi halaman bisnis Anda dapat melihat konten yang dibagikan Anda dapat mengoptimalkan halaman bisnis ini dengan mendownload:
Facebook menawarkan fitur marketplace yang memungkinkan pemegang akun menyajikan katalog produk kepada pengguna lain dalam aplikasi yang sama.
Setelah halaman Facebook dan pasar bisnis Anda aktif, bagikan konten bermanfaat dengan pengikut Anda Bisa berupa panduan cara penggunaan produk atau testimoni dari pelanggan sebelumnya yang pernah menggunakan produk tersebut.
Saat memposting, pastikan untuk memperhatikan waktunya. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa waktu terbaik untuk memposting di Facebook adalah Jumat pagi.
Belajar Bersama Monetisasi Facebook
Namun, ada baiknya untuk selalu mempertimbangkan rutinitas harian audiens Anda sebelum memposting. Untuk menganalisis waktu terbaik untuk memposting, gunakan fitur wawasan khusus Halaman Bisnis Facebook, yang berisi data tentang karakteristik pengikut Anda.
Untuk memaksimalkan strategi pemasaran Facebook Marketplace Anda, cobalah menulis deskripsi produk dengan kata kunci yang spesifik, harga produk yang kompetitif, dan gunakan gambar berkualitas tinggi.
Kemudian Anda bisa memanfaatkan berbagai grup Facebook sebagai tempat beriklan gratis. Namun sebelum memasang iklan, pastikan Anda selalu mengikuti aturan grup yang Anda ikuti.
Meta merupakan perusahaan induk yang membawahi Facebook dan Instagram. Terkadang Meta menawarkan kredit iklan gratis di akun bisnis kecil. Artinya Anda bisa menggunakan fitur Facebook Ads tanpa membayar.
14+ Cara Membuat Instagram Ads Untuk Pemula [2023]
Meskipun Anda tidak dapat meminta kredit iklan langsung dari Facebook, Anda dapat memintanya melalui Program Kemitraan Meta.
Salah satu alasan mengapa Facebook Ads menjadi pilihan utama banyak pebisnis, meski harus mengeluarkan sejumlah uang, adalah keunggulan yang ditawarkan fitur ini.
Menurut data, rata-rata pengguna Facebook mengklik sekitar 11 iklan per bulan. Inilah sebabnya mengapa pengeluaran untuk iklan Facebook diperkirakan akan terus tumbuh dan bahkan mencapai $187,35 miliar pada tahun 2025.
Selain itu, cara membuat iklan di Facebook Ads Manager berbayar juga cukup mudah dan hasilnya lebih cepat dibandingkan melakukan iklan sendiri melalui postingan organik. Untuk mencapainya, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:
10 Cara Promosi Di Fb Yang Buat Penjualan Anda Melonjak
Iklan Facebook tidak dapat ditayangkan melalui profil pribadi. Oleh karena itu, untuk menggunakan Facebook Ads Manager, Anda harus memiliki Halaman Profesional Facebook (Facebook Page).
Demikian pula, jika Anda ingin mengelola iklan untuk orang lain, Anda memerlukan akses sebagai administrator, penerbit, atau pengiklan untuk mengelola kampanye iklan di akun atau halaman bisnis terkait.
Untuk membuatnya, buka halaman “https://www.facebook.com/pages/create”, lalu lengkapi informasi tentang bisnis Anda, seperti nama, kategori bahkan deskripsi singkat agar lebih meyakinkan di mata audiens Anda.
Jika perlu, masukkan juga informasi lokasi/alamat dan jam buka. Jika semua informasi sudah lengkap, klik “Buat halaman” atau “Buat halaman”.
5 Keunggulan Menggunakan Facebook Ads
Selanjutnya, Anda perlu membuat akun Pengelola Iklan Facebook yang ditautkan ke halaman Facebook yang dibuat sebelumnya. Untuk melakukannya, kunjungi halaman Pengelola Iklan Facebook atau klik URL https://www.facebook.com/business/tools/ads-manager.
Selanjutnya, klik nama akun Anda. Kemudian akan muncul tampilan dashboard Ads Manager. Untuk mulai membuat iklan, Anda perlu melengkapi beberapa informasi.
Untuk melakukannya, klik “Buka Ikhtisar Akun” atau “Buka Ikhtisar Akun”, lalu klik “Tambahkan Metode Pembayaran” atau “Tambahkan Metode Pembayaran”. Terakhir, masukkan informasi mata uang dan lokasi untuk membayar invoice iklan Facebook dari Meta.
Manajer Iklan adalah pusat kendali untuk semua iklan Facebook Anda. Setelah melengkapi informasi dan berhasil masuk ke Manajer Iklan, Anda akan melihat dasbor kinerja yang mencantumkan semua kampanye, set iklan, dan iklan yang dibuat.
Cara Menggunakan Facebook Creator Studio Untuk Digital Marketing
Di sini Anda juga dapat melihat hasil yang diperoleh untuk halaman bisnis ini Untuk membuat kampanye, set iklan, atau iklan baru, klik tombol hijau bertuliskan “Buat” di sebelah kiri iklan yang ingin Anda buat.
Kemudian Anda dapat melihat tujuan atau target periklanan sesuai dengan kebutuhan atau sasaran Anda. Pastikan Anda memilih opsi yang tepat untuk memudahkan Facebook mengidentifikasi dan menayangkan iklan kepada audiens target yang tepat.
Seperti yang dijelaskan sebelumnya, iklan Facebook memiliki 3 komponen utama: kampanye, set iklan, dan iklan. Parameter setiap komponen harus ditentukan.
Pertama, Anda dapat menetapkan anggaran iklan di tingkat kampanye. Untuk melakukannya, gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi “Pengoptimalan Anggaran Kampanye” atau “Keunggulan Anggaran Kampanye”.
Cara Monetisasi Akun Facebook Hasilkan Uang Dari Konten Ini Persyaratan Dan Langkah-langkahnya
Opsi ini dapat dinonaktifkan jika Anda ingin menetapkan anggaran berdasarkan target audiens di tingkat set iklan. Namun, jika Anda ingin mengelola anggaran iklan di tingkat kampanye, aktifkan fitur ini
Setelah memilih jenis anggaran, pilih strategi penawaran yang ingin Anda gunakan dari opsi berikut:
Facebook akan mencari hasil sebanyak-banyaknya berdasarkan anggaran yang ditentukan. Hasilnya bisa berupa trafik (jumlah kunjungan), jumlah konversi (penjualan) dll. sebagaimana dimaksud.
Jika ini adalah iklan pertama Anda, disarankan untuk memilih volume tertinggi terlebih dahulu agar algoritma Facebook dapat lebih leluasa mengenali iklan dan viewer serta mendapatkan hasil yang maksimal.
Tips Social Media Marketing Tahun 2024
Setelah menetapkan anggaran di tingkat kampanye, klik “Berikutnya” atau “Berikutnya” untuk menuju ke tingkat set iklan. Di sini Anda dapat menentukan siapa dan di mana iklan akan ditampilkan sebagai berikut:
Misalnya, jika Anda ingin menargetkan orang-orang yang mengikuti tren fesyen, masukkan fesyen di bagian “Penargetan Terperinci”. Selain itu, Anda juga dapat memilih audiens khusus melalui fitur Facebook Audience Insights.
Pada langkah selanjutnya, gulir ke bawah ke bagian “Penempatan” untuk mengatur di mana iklan akan muncul. Tersedia dua pilihan investasi, yaitu:
Jika Anda memilih opsi penempatan manual, Anda dapat menempatkan iklan lebih spesifik pada platform yang dipilih, seperti hanya di Facebook Stories, hanya di feed Instagram, dll.
Bagaimana Cara Membuat Whatsapp Ads Di Tahun 2024 — Kommo
Setelah menetapkan anggaran di tingkat kampanye dan menentukan set iklan di tingkat set iklan, Anda dapat menyiapkan dan mengunggah iklan melalui tingkat iklan.
Ukuran yang disarankan adalah 1080 x 1080 piksel untuk aset iklan yang ditempatkan di feed dan 1080 x 1920 piksel untuk aset iklan yang ditempatkan di Stories.
Pertama, pilih ID akun yang ditampilkan bersama iklan. Misalnya, Anda dapat memilih halaman Facebook yang sudah jadi atau akun Instagram profesional.
Di bagian “Penyiapan Iklan” atau “Penyiapan Iklan”, Anda dapat mengupload aset iklan baru atau menggunakan postingan organik yang diupload sebelumnya.
5 Cara Membuat Halaman Iklan Di Facebook Dan Suka Halaman
Pilih opsi “Buat Iklan” atau “Buat Iklan” untuk mengunggah aset iklan baru, atau klik “Gunakan Postingan yang Ada” untuk menggunakan postingan organik.
Jika Anda ingin mendownload konten iklan baru, Anda harus memilih opsi “Manual Download”. Selanjutnya pilih format iklan yang diinginkan yaitu:
Klik tombol “Tambah Media” atau “Tambah Media” untuk mendownload aset, lalu pilih media iklan dan tekan tombol Download. Jika perlu, pangkas atau potong media, lalu klik tombol “Selesai” atau “Selesai”.
Anda juga dapat mengubah ukuran setiap slot iklan di menu “Media”. Misalnya untuk Facebook Stories, Anda bisa mengatur ukurannya menjadi 1080 x 1920 piksel.
Cara Membuat Iklan Bersponsor Di Instagram Ads Untuk Pemula
Jika Anda memilih sasaran tertentu, seperti penjualan atau lalu lintas, pada tahap awal pembuatan iklan, Anda harus memasukkan URL situs web yang akan diarahkan oleh pengguna Facebook ketika mereka mengeklik iklan tersebut.
Untuk memastikan iklan yang dibuat sudah sesuai, Facebook akan melakukan peninjauan terlebih dahulu. Terakhir, klik “Publish” atau “Terbitkan” untuk mulai menampilkan iklan sesuai pengaturan yang ditentukan.
Setelah iklan selesai, iklan melewati proses peninjauan dan mulai ditayangkan
Cara jualan di fb bersponsor, cara membuat akun bersponsor di fb, cara membuat postingan bersponsor di fb, cara membuat iklan fb bersponsor, cara membuat konten bersponsor di tiktok, cara membuat bersponsor di fb, cara iklan bersponsor di fb, cara bersponsor di fb, cara membuat halaman fb bersponsor, cara membuat iklan bersponsor di fb, cara membuat fb bersponsor, cara membuat akun fb bersponsor