
Cara Iklan Berbayar Di Marketplace Facebook – Afika adalah penulis konten media sosial dengan pengalaman 4 tahun. Dia memiliki hasrat untuk menulis konten media sosial yang informatif dan menarik. Ikuti dia di LinkedIn
Beranda » Blog » Media Sosial » 12 Cara Membuat Iklan Facebook Untuk Mencapai Kesuksesan Bisnis Dengan Taktik Pemasaran yang Efektif
Cara Iklan Berbayar Di Marketplace Facebook
Menggunakan iklan Facebook atau Facebook Ads sebagai alat pemasaran telah menjadi strategi penting yang digunakan oleh banyak bisnis dalam beberapa tahun terakhir. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui cara membuat iklan di Facebook
Cara Jualan Di Facebook Marketplace Biar Makin Laris!
Jika tidak, hal ini dapat menghambat strategi pemasaran Anda atau kehilangan persaingan dengan bisnis lain di area yang sama. Namun, menjalankan iklan di Facebook tidaklah mudah. Dibutuhkan strategi yang matang dan pemahaman aspek teknis.
Pada Januari 2023, Facebook masih menjadi raksasa media sosial dengan lebih dari 3,06 miliar pengguna aktif di seluruh dunia. Itu sebabnya, 89% pemasar menggunakan iklan Facebook sebagai metode pemasaran utama mereka.
Nah sebelum membahas cara membuat iklan di Facebook, terlebih dahulu Anda perlu mengetahui apa itu iklan Facebook dan komponen-komponennya.
Seperti namanya, iklan Facebook atau Facebook ads adalah akun Facebook bisnis berbayar untuk menampilkan produk atau layanannya kepada pengguna Facebook lainnya.
Tutorial Lengkap Cara Pembayaran Facebook Ads
Sekilas, banyak dari iklan ini terlihat seperti postingan biasa. Bedanya, Anda bisa melihat label “Sponsored” sebagai tanda bahwa postingan tersebut adalah iklan.
Selain itu, iklan Facebook sering kali menyertakan lebih banyak fitur daripada postingan biasa. Contohnya termasuk tombol CTA, tautan tersemat, dan katalog produk.
Seperti disebutkan pada gambar di atas, iklan Facebook memiliki 3 komponen utama. Selain berisi beberapa fitur tersebut, iklan Facebook dapat dibuat dalam berbagai format seperti gambar, video, atau carousel.
Dan, seperti Instagram, iklan Facebook dapat muncul di semua aplikasi, termasuk feed pengguna, berita, messenger, pasar, dan banyak lagi.
Ternyata Mudah Lho Cara Membuat Iklan Di Facebook Lewat Hp
Faktanya, iklan Facebook tidak ada yang gratis karena merupakan fitur berbayar yang dihitung berdasarkan tayangan dengan 2 pilihan metrik berbeda yaitu CPC (Cost Per Click) dan CPM (Cost Per Mile).
Dengan sedikit kreativitas dan kesabaran sebenarnya bisa dicoba. Anda dapat mengikuti tips berikut ini:
Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat halaman bisnis. Halaman bisnis ini mirip dengan profil pribadi, tetapi pengguna dapat berbagi dengan menyukai atau mengikuti halaman tersebut, bukan dengan permintaan pertemanan.
Perbedaan lainnya adalah semua konten halaman bisnis bersifat publik, sehingga siapa pun yang melihat halaman bisnis Anda dapat melihat konten yang dibagikan. Anda dapat meningkatkan halaman bisnis ini dengan mengunggah:
10 Cara Mempromosikan Usaha Melalui Marketplace Facebook, Agarlaku Keras
Facebook menawarkan fitur toko (marketplace) yang memungkinkan pemegang akun menampilkan katalog produk kepada pengguna lain di aplikasi yang sama.
Setelah halaman bisnis dan pasar Facebook Anda aktif, bagikan konten bermanfaat dengan pengikut Anda. Ini bisa berupa panduan cara penggunaan produk atau testimoni dari pelanggan sebelumnya yang telah menggunakan produk tersebut.
Saat memposting, pastikan Anda memperhatikan waktunya. Penelitian menunjukkan bahwa waktu terbaik untuk memposting di Facebook adalah Jumat pagi.
Namun, ada baiknya untuk mempertimbangkan rutinitas harian audiens Anda sebelum memposting. Untuk menganalisis waktu terbaik memposting, gunakan fitur wawasan Halaman Bisnis Facebook yang berisi data tentang karakteristik pengikut Anda.
Membuat Facebook Dan Instagram Ads Untuk Pemula
Untuk mendongkrak strategi pemasaran Facebook Marketplace Anda, cobalah menulis deskripsi produk dengan kata kunci yang spesifik, harga produk bersaing, dan gunakan gambar berkualitas tinggi.
Setelah itu, Anda bisa memanfaatkan berbagai grup Facebook sebagai tempat beriklan secara gratis. Namun sebelum memasang iklan, ingatlah selalu untuk mengikuti aturan grup yang Anda ikuti.
Meta merupakan perusahaan induk yang membawahi Facebook dan Instagram. Terkadang, Meta menawarkan kredit iklan gratis ke akun bisnis kecil. Artinya Anda bisa menggunakan fitur Facebook Ads tanpa membayar.
Meskipun Anda tidak dapat mengklaim kredit iklan langsung dari Facebook, Anda dapat mengklaimnya melalui Program Afiliasi Meta
Tutorial Cepat Laris Tiap Hari Jualan Di Facebook Marketplace Terbaru 2022
Salah satu alasan mengapa iklan Facebook masih menjadi pilihan bagus bagi banyak pebisnis meski membayar sejumlah uang adalah manfaat yang ditawarkan fitur ini.
Menurut data, rata-rata pengguna Facebook mengklik sekitar 11 iklan per bulan. Oleh karena itu, pengeluaran untuk iklan Facebook diperkirakan akan meningkat, dan diperkirakan mencapai $187,35 miliar pada tahun 2025.
Selain itu, cara membuat iklan di Facebook Ads Manager berbayar juga jauh lebih mudah dan lebih cepat hasilnya dibandingkan membuat iklan sendiri dengan postingan organik. Untuk membuatnya, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:
Iklan Facebook tidak dapat dijalankan melalui profil pribadi. Oleh karena itu, untuk menggunakan Facebook Ads Manager, Anda harus memiliki halaman bisnis Facebook (Facebook Page).
1980media Digital Agency
Demikian pula jika Anda ingin mengelola iklan orang lain, Anda tetap memerlukan akses sebagai administrator, editor, atau pengiklan untuk mengelola kampanye iklan di akun atau halaman bisnis yang relevan.
Untuk membuatnya, buka halaman “https://www.facebook.com/pages/create”, dan lengkapi informasi tentang bisnis Anda, seperti nama, kategori, dan deskripsi singkat agar lebih dapat dipercaya di mata. . untuk audiens Anda.
Jika perlu, masukkan detail lokasi/alamat termasuk jam operasional. Setelah mengisi semua informasi, klik “Buat Halaman” atau “Buat Halaman”.
Selanjutnya, Anda perlu membuat akun Pengelola Iklan Facebook yang ditautkan ke halaman Facebook yang dibuat sebelumnya. Untuk melakukannya, kunjungi halaman Pengelola Iklan Facebook atau klik URL https://www.facebook.com/business/tools/ads-manager.
Marketplace Produk Digital
Kemudian, klik nama akun Anda. Selanjutnya akan muncul tampilan dashboard pengelola iklan. Untuk mulai membuat iklan, Anda perlu mengisi beberapa informasi.
Caranya, klik “Buka Sinopsis Akun” atau “Buka Ikhtisar Akun”, lalu klik “Tambah Metode Pembayaran” atau “Tambah Metode Pembayaran”. Terakhir, masukkan informasi mata uang dan lokasi untuk membayar tagihan iklan Facebook di Meta.
Manajer Iklan adalah pusat kendali untuk semua iklan Facebook Anda. Setelah melengkapi informasi dan berhasil login ke ad manager, Anda akan melihat performance dashboard yang mencantumkan semua kampanye, set iklan, dan iklan yang telah dibuat.
Di sini, Anda juga dapat melihat hasil yang dicapai untuk halaman bisnis tersebut. Untuk membuat kampanye, set iklan, atau iklan baru, klik tombol hijau “Buat” di sebelah kiri jenis iklan yang ingin Anda buat.
Tips Sukses Berjualan Di Facebook Marketplace
Selanjutnya, Anda dapat melihat sasaran atau target iklan tergantung pada kebutuhan atau sasaran Anda. Pastikan Anda memilih opsi yang tepat untuk memudahkan Facebook melihat dan menampilkan iklan saluran kepada audiens yang tepat
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, iklan Facebook memiliki 3 komponen utama antara lain kampanye, set iklan, dan iklan. Pengaturan harus ditentukan untuk setiap komponen.
Pertama, Anda dapat menetapkan anggaran iklan di tingkat kampanye. Untuk melakukannya, gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi “Anggaran Kampanye Awal” atau “Anggaran Kampanye Bermanfaat”.
Opsi ini dapat dinonaktifkan jika Anda ingin menetapkan anggaran berdasarkan target audiens pada tingkat set iklan (ad set). Di sisi lain, aktifkan fitur ini jika Anda ingin mengelola anggaran iklan di tingkat kampanye
Apa Saja Kelebihan Facebook Marketing Lewat Jasa Advertising Agency?
Setelah memilih jenis anggaran, selanjutnya pilih strategi penawaran yang ingin Anda gunakan dari pilihan berikut:
Facebook akan mencari hasil sebanyak-banyaknya dengan anggaran yang ditentukan. Hasilnya bisa berupa traffic (jumlah kunjungan), jumlah konversi (penjualan), dan niat.
Jika ini adalah iklan pertama Anda, disarankan agar Anda memilih volume tertinggi terlebih dahulu agar algoritma Facebook dapat melihat iklan dan audiens dengan lebih mudah dan mendapatkan hasil yang lebih banyak.
Setelah menetapkan anggaran di tingkat kampanye, klik “Berikutnya” atau “Berikutnya” untuk menuju ke tingkat set iklan. Di sini, Anda dapat mengatur siapa dan di mana iklan akan ditampilkan dengan cara berikut:
Marketplce Facebook Tidak Tersedia Untuk Anda ? Bisa Jadi Karena Usia …
Misalnya, jika Anda ingin menargetkan orang-orang yang mengikuti tren fesyen, ketik fesyen di bagian “Penargetan Lanjutan”. Selain itu, Anda juga dapat memilih audiens khusus menggunakan fitur Facebook Audience Insights.
Pada langkah selanjutnya, gulir ke bawah ke bagian “Penempatan” untuk mengatur di mana iklan akan muncul. Tersedia dua pilihan penempatan, yaitu:
Jika Anda memilih opsi penempatan manual, Anda bisa langsung mengatur penempatan iklan di area yang dipilih, misalnya hanya di berita Facebook, hanya di feed Instagram, dan masih banyak lagi.
Setelah menetapkan anggaran di tingkat kampanye dan menentukan set iklan di tingkat set iklan, Anda dapat mengonfigurasi dan mengunggah iklan di tingkat iklan.
Bagaimana Anda Dapat Menjual Pakaian Di Facebook: Panduan Utama
Ukuran yang disarankan adalah 1080 x 1080 piksel untuk aset iklan yang ditempatkan di feed, dan 1080 x 1920 piksel untuk aset iklan yang ditempatkan di berita.
Pertama, pilih identitas akun yang akan muncul iklannya. Misalnya, Anda dapat memilih halaman Facebook yang sudah dibuat sebelumnya atau akun Instagram bisnis.
Di bagian “Penyiapan Iklan” atau “Penyiapan Iklan”, Anda dapat mengunggah aset iklan baru atau menggunakan postingan asli yang dimuat sebelumnya.
Pilih opsi “Buat Iklan” untuk mengunggah aset iklan baru, atau klik “Gunakan Postingan yang Ada” untuk menggunakan postingan langsung.
Kursus Bisnis Online Muslimah
Jika Anda ingin mengunggah aset iklan baru, Anda harus memilih opsi “Unggah Manual”. Kemudian pilih format iklan yang Anda inginkan yaitu:
Klik tombol “Tambah Media” atau “Tambah Media” untuk mengunggah aset, lalu pilih media iklan dan tekan tombol Unggah. Pangkas atau potong media jika perlu, lalu klik tombol “Selesai” atau “Selesai”.
Anda juga dapat mengubah ukuran setiap penempatan iklan di menu “Media”. Misalnya untuk berita Facebook, Anda dapat mengatur ukurannya menjadi 1080 x 1920 piksel.
Jika Anda memilih tujuan tertentu, seperti penjualan atau lalu lintas, pada tahap awal pembuatan iklan, Anda harus memasukkan URL situs web tempat pengguna Facebook akan diarahkan ketika mereka mengklik iklan tersebut.
Cara Berjualan Di Marketplace Facebook Lengkap +gambar
Untuk memastikan iklan yang dibuat sudah sesuai, Facebook akan memulai dengan meninjaunya. Terakhir, klik “Publish” atau “Terbitkan” untuk mulai menampilkan iklan sesuai pengaturan yang ditentukan.
Setelah iklan melalui proses peninjauan dan mulai ditayangkan oleh Facebook, Anda dapat memantau status dan kinerjanya.
Untuk melakukan ini, buka dasbor Pengelola Iklan Facebook, dan Anda akan melihat opsi yang berisi laporan kinerja untuk tiga bagian (Kampanye, Set Iklan, Iklan).
Selanjutnya, Anda bisa
10 Platform Iklan Gratis Untuk Bisnismu
Cara promosi berbayar di marketplace facebook, iklan berbayar marketplace facebook, cara iklan di facebook marketplace, marketplace facebook berbayar, cara iklan di marketplace, cara iklan berbayar di marketplace fb, cara pasang iklan di marketplace, cara membuat iklan di marketplace, cara iklan berbayar di facebook, iklan berbayar di marketplace facebook, iklan di facebook marketplace, iklan berbayar di marketplace